Kunjungi Borobudur, Kaisar Naruhito Terkesan Filosofinya

Nasional2,784 views
Previous Image
Next Image

info heading

info content

selengkapnya klik link ini

https://youtu.be/c_CdUmBlobQ

 

Sepekan lawatan ke Indonesia, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito melakukan sejumlah agenda. Selain di Jakarta, ia juga mengunjungi keraton Jogyakarta dan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut langsung kehadiran Kaisar Jepang Naruhito beserta rombongan, di Candi Borobudur, Kamis (22/6/2023).

Ganjar mendampingi Kaisar berkeliling menikmati panorama candi peninggalan dari Dinasti Syailendra tersebut.

Kaisar Hironomiya Naruhito tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 08.15 WIB. Setelah mendapat penjelasan singkat mengenai sejarah candi oleh seorang tour guide bernama Mura, Ganjar dan Kaisar berjalan menuju candi.

Selama kurang lebih 50 menit, rombongan tamu dan tuan rumah berkeliling menikmati kemegahan candi yang dibangun abad ke-8 itu. Mulai keunikannya, filosofi, hingga, teknologinya.

Ganjar Pranowo menuturkan, Kaisar Hironomiya Naruhito sangat senang bisa berkunjung ke Candi Borobudur. Apalagi, dengan penjelasan tour guide secara mendetail mengenai candi itu.

“Saya melihat Kaisar sangat senang, impresif melihat dan mengikuti dengan sangat senang,” kata Ganjar.

Menurutnya, kunjungan Kaisar Naruhito menjadi simbol hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang.

“Ini menarik sekali karena kunjungan ke Indonesia baru pertama dan selama tujuh hari. Rasanya belum pernah terjadi. Menurut saya, tanda keakraban dua negara Indonesia dan Jepang begitu penting utilisasi kerja sama ini, dan membuahkan hasil yang lebih penting. Apakah diplomatik, politik, ekonominya, agar bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” ungkapnya.

Selama mendampingi, Ganjar kerap kali melihat ekspresi kekaguman dari Kaisar terhadap Candi Borobudur.

“Banyak sekali terkesan filosofinya, teknologinya terkesan, cerita narasi terkesan, banyak ekspresi wow wow,” katanya.

 

Sementara itu, kedatangan Kaisar Naruhito ke DIY ini disambut hangat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas pada jamuan makan malam, Rabu (21/06) di Regol Danapratapa, Kompleks Pelataran Srimanganti, Keraton Yogyakarta.

Sebelumnya, Kaisar ke-126 Jepang ini terlebih dulu diterima putri sulung Sri Sultan, GKR Mangkubumi di Regol Kamandungan Lor (Keben) pukul 18.00 WIB

Kaisar Naruhito dijamu makan malam. Beberapa olahan yang sebagian adalah olahan tradisional dihidangkan. Setup Jambu menjadi pilihan welcome drink pada acara tersebut. Hidangan appetizer atau pembuka berupa Sop Ayam Galantine.

Lalu disusul oleh hidangan utama berupa Nasi Pandan Wangi, Daging Sapi Wagyu Empal Balado, Udang Bakar Madu dan Sate Ayam Jeruk Nipis. Sementara dessert berupa Es Teler Cake turut terhidang.