Dinas PPAPP DKI Jakarta Bina 8.637 Jakpreneur

Bisnis37,498 views

ENTREPRENEURPOS_Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta membina 8.637 wirausahawan atau Jakpreneur. Jenis usahanya beragam seperti kuliner, fesyen, kerajinan, jasa, dan lainnya.

Dilansir dari beritajakarta, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, 6.769 Jakpreneur mendapat pelatihan. Sebanyak 5.815 Jakpreneur mendapat pendampingan, dan 4.485 Jakpreneur sudah mengantongi perizinan.

“Target Jakprenur Dinas PPAPP DKI Jakarta sampai tahun 2022 sebanyak 12.120 binaan, realisasi sampai saat ini sudah 8.637 binaan. Kita optimis bisa melampaui target yang ditentukan,”kata Tuty.

Pihaknya bermitra dengan sembilan perguruan tinggi dan perusahaan aplikator dalam bentuk pelatihan, pendampingan, serta pemasaran produk.
Berbagai upaya dalam pengembangan Jakpreneur antara lain melakukan kolaborasi. Megajukan bantuan permodalan, kemudahan pengurusan perijinan, subsidi bahan baku, dan pemasaran atau bazar secara online

“Kita akan terus mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian berusaha melalui kolaborasi antara pemerintah. Dunia pendidikan, dunia usaha, masyarakat, lembaga, dan pihak lain,”jelasnya.

Tuty menjelaskan, target program pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT) yaitu, terciptanya wirausaha baru di Jakarta.

Adapun sasaran PKT adalah wirausaha pemula dan wirausaha naik kelas, pencari kerja, keluarga miskin dan penyandang disabilitas.

Untuk diketahui, tujuan PKT yaitu menumbuhkembangkan potensi kewirausahaan dengan mendorong dan memfasilitasi penciptaan wirausaha. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran melalui peningkatan kesempatan berwirausaha.

Selain itu, meningkatkan jumlah wirausahawan mandiri yang tangguh dan berkualitas baik individu ataupun kelompok usaha. Meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam menopang pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.(yer)