Rans Nusantara Hebat BSD, Pusat Kuliner 122 UMKM

Lifestyle4,488 views

https://youtu.be/hF9-UUTmcZA?si=kNR1FoKm2NFUUYvq

Entrepreneurpos_Rans Nusantara Hebat di BSD City, Kabupaten Tangerang, diresmikan Sabtu (30/3). Tempat itu menjari pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hasil kolaborasi Rans Entertainment, GK Hebat, dan Sinar Mas Land.

Peresmian Rans Nusantara Hebat turut dihadiri secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Founder Rans Entertainment Rafi Ahmad, Founder GK Hebat Kaesang Pangarep dan Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja.

“Saya mengapresiasi Sinar Mas Land, Rans Entertaiment, dan GK Hebat yang terus mendukung dan ikut memajukan pelaku ekonomi kreatif kuliner asli Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Pusat kuliner ini mewadahi sebanyak 122 unit UMKM dari 1.000 pengusaha yang lolos seleksi. Dibangun di atas lahan seluas 2,1 hektare dengan kapasitas pengunjung hingga 2.000 orang.

Setiap tenant serta mitra terpilih yang telah bergabung dalam Rans Nusantara Hebat mendapatkan eksposur, bimbingan, kolaborasi dan peluang kemitraan strategis dari Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad mengatakan tujuan membuka kerajaan kuliner itu adalah mengakselerasi pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan cara menempati tempat-tempat usaha yang strategis dan bergengsi agar bisa naik kelas.

“RANS Nusantara Hebat di sini untuk sama-sama kita harus membuat UMKM Indonesia mendapatkan tempat terbaik dan naik kelas.Tanah dua hektare ini bisa berdiri lebih dari 100 tenant UMKM. Ini jamnya belum buka puasa, sudah ramai banget,” kata Raffi.

Tekad Raffi menggeluti bisnis akselerator UMKM diperkuat oleh keberhasilan di masa lalu bahwa RANS pernah mendorong UMKM agar usaha tersebut tumbuh lebih pesat sehingga menghasilkan peningkatan profit hingga 10 kali lipat.

“Contohnya seperti ada Rojo Sambel, tadinya dia hanya satu tenda saja. Sama kami diinvest, sekarang tokonya dia sudah jadi 30 cabang. Yang tadinya profit di satu tenda itu cuma Rp500 ribu sampai Rp1 juta, sekarang bisa naik 10 kali lipat,” kata Raffi.

Dijelaskan Rafi Tema utamanya Local is the New Global dalam Perayaan Rans Nusantara Hebat.

Selain itu Founder GK Hebat, Kaesang Pangarep menambahkan, perayaan Rans Nusantara Hebat akan membangkitkan UMKM Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Kami akan fokus pada tiga hal yakni culinary, culture and community. Kami percaya perpaduan ragam kuliner. Pertunjukan budaya dan gaya hidup, serta mengembangkan komunitas menjadi kunci agar Rans Nusantara Hebat dapat menarik para pengunjung baik lokal maupun dari luar daerah, sehingga dapat meningkatkan pariwisata dan pendapatan bagi bisnis di sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Michael Widjaja selaku Group CEO Sinar Mas Land menyampaikan, pihaknya sangat menyambut baik hadirnya Rans Nusantara Hebat sebagai pusat kuliner Nusantara terbesar di BSD City.

“Kami selalu konsisten untuk menghadirkan inovasi dan fasilitas untuk melengkapi kebutuhan gaya hidup warga BSD City dan di sekitarnya. Rans Nusantara Hebat akan melengkapi keberadaan ruang-ruang publik dan area komersial seperti AEON Mall, QBig dan The Breeze sebagai pilihan destinasi wisata kuliner dan pleasure masyarakat di BSD City. Apalagi BSD City memiliki captive market yang datang dari berbagi kalangan baik penghuni, pelajar, dan karyawan yang beraktivitas di sini, serta dari berbagai lapisan masyarakat sebagai pengunjung,” jelasnya.

Acara itu juga dimeriahkanMaliq & D’essentials serta standup comedy performance dari Fatih Andhika atau Ate.

Pengunjung dapat menikmati kuliner nusantara seperti Sang Pisang, Rojo Sambel, Let’s Toast, Pempek Cawan Putih, Warung Aceh Bang Cen, Durian Jatohan Abah, Cwie Mie Malang dan lainnya.

Rans Nusantara Hebat hadir dengan menonjolkan konsep outdoor dengan beberapa pilihan tempat duduk pengunjung yang bervariasi seperti area khusus untuk hiburan live music, beragam spot foto dengan ikon budaya Indonesia, taman bermain anak hingga ruang terbuka hijau.