Edisi Terbatas Sneakers Khong Guan Ludes Diborong

Lifestyle2,732 views
Previous Image
Next Image

info heading

info content

 

Pengemar sneakers dapat menambah koleksi barunya. Khong Guan kolaborasi dengan sepatu aerostreet meluncurkan edisi terbatas.

Sepatu tampak apik berwarna putih dan merah. Polesan unik sepatu didesain dengan gambar khas kaleng biskuit Khong Guan. Terdapat tulisan Khong Guan dan Sejak 1970 pada bagian bawah dan belakang sepatu.

“Limited #5000 pasang Aerostreet X Khong Guan size 37-44 IDR 169k,”tulis akun instagram Khongguan Biscuits
Namun sayangnya sepatu hasil kolaborasi Aerostreet dan Khong Guan ini ditawarkan terbatas. Banyak netizen tidak mendapatkan sepatu karena sudah ludes dibeli.

Produksinya hanya ada 5.000 pasang sepatu. Untuk ukuran tersedia sepatu 37 sampai 44. Harga sepatu dibandrol terjangkau Rp 169.000 sepasang. Sepatu itu dapat dibeli melalui online di e commerce.

Selain itu sejarah Khong Guan diciptakan oleh kakak beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. Keduanya adalah imigran asal Fujian, Tiongkok. Bekerja di pabrik biskuit Singapura untuk menghidupi keluarganya di kampung. Saat Jepang menginvasi Singapura, Keng dan Han mengungsi ke Perak, Malaysia.

Mereka membuat biskuit sampai persediaan tepung dan gula habis. Mereka lalu membuat dan menjual garam dan sabun untuk bertahan hidup. Setelah Jepang mundur, Keng dan Han kembali ke Singapura dan menjual biskuit buatan sendiri.

Suatu hari Han menemukan mesin pembuat biskuit yang sudah rusak dari pabrik tempat mereka bekerja dulu. Ia pun menciptakan lini produksi biskuit semiotomatis dengan rantai sepeda.

Mesin ini menggerakkan biskuit dengan sistem konveyor melalui oven bata yang telah diakali sedemikian rupa.

Penjualan meningkat seiring tingginya kemampuan produksi. Pada 1947, Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited didirikan, menyusul pabrik di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Di awal 1980-an, pabrik Khong Guan didirikan di beberapa kota pesisir di Tiongkok. Tak hanya di Asia Tenggara dan Tiongkok, Khong Guan juga bisa ditemukan di supermarket lebih dari 40 negara. Diantaranya Timur Tengah, Hong Kong, Jepang, Australia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.

Kehadiran biskuit Khong Guan di Indonesia pun sangat fenomenal. Disukai penggemar biskuit dan dengan khas kalengnya sering digunakan untuk menyimpan kerupuk. Banyak digunakan para pedangang kaki lima.