Dari Kerja Penuh Waktu Jadi Paruh Waktu

Entrepreneurship2,352 views

 

Ketika usia masih muda kita semua sanggup bekerja penuh waktu. Di masa ini kesehatan masih prima, tenaga masih ada dan penyakit tidak ada atau masih sedikit. Namun kemudian masa “senior” atau lanjut usia akan datang juga. Di masa itu kesehatan mulai terganggu, tenaga berkurang dan berbagai penyakit masa tua akan membuat kita jadi langganannya dokter.

Di masa usia “senior” pekerjaan yang masih dapat kita lakukan adalah pekerjaan “paruh waktu” yaitu pekerjaan-pekerjaan yang kurang dari 40 jam seminggu. Kelompok kerja seperti apa yang memungkinkan kerja paruh waktu?

1.Pengusaha atau Entrepreneur Bisnis

Bila sudah punya usaha yang bisa jalan sendiri dan bisa dibantu orang lain maka pemilik usaha bisa mengatur waktunya sendiri. Kapan mulai kerja dan kapan hendak selesai kerja ia yang mengatur. Syaratnya sederhana saja. Usahanya sudah berjalan dengan baik. Nah untuk membangun usaha yang bisa berjalan baik dengan sendirinya itu membutuhkan waktu, membutuhkan ilmu dan membutuhkan perjuangan.

2.Usaha Jasa

Usaha jasa adalah pekerjan-pekerjaan yang mengandalkan keahliaan. Sebagai contoh adalah pekerjaan jasa merias, jasa memasak, jasa penjualan (broker). Penjual jasa bisa mengatur waktunya sendiri. Namun jangan lupa lho..ia harus punya pelanggan yang banyak untuk bisa hidup nyaman. Untuk membangun jumlah pelangganmaka itu juga membutuhkan waktu dan perjuangan tersendiri.

3.Usaha Patungan

Bila kita memiliki usaha patungan yang dikerjakan oleh mitra (partner) kita apakah teman atau anggota keluarga maka itu juga memungkinkan kita kerja paruh waktu. Sebagai salah seorang pemilik usaha tentunya bisa berunding dengan mitra tentang pembagian waktu kerja bersama. Sebagai contoh kita memiliki kebun yang dikelola bersama dengan anggota keluarga. Di dalam usaha patungan pendapatannya harus dibagi demikian juga waktu kerja bisa dibagi.

Untuk bisa kerja “paruh waktu” ini perlu persiapan-persiapan yang matang agar kita semua bisa “mendarat dengan mulus” di masa lanjut usia. Hidup jadi sangat sulit bila tenaga sudah berkurang tetapi masih harus kerja keras hanya demi tuntutan perut.

Jadi mari manfaatkan waktu luang sebaik mungkin. Waktu luang di hari kerja ataupun waktu luang di hari libur. Mari bangun impian masa lanjut usia yang sehat dan sejahtera dan kerjakan persiapan-persiapannya seawal mungkin dan sesering mungkin seelum kata terlambat datang menyapa.

Catatan oleh:

Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A

-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra
-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk
-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE). Tulisan ini dilansir dari grup SKE.

News Feed