by

Ciputra Kagumi Lukisan Pangeran Diponegoro Karya Hendra Gunawan

Catatan Yeri Vlorida

Ciputra sampai akhir hayatnya sangat mencintai seni. Terutama lukisan dan patung yang menjadi koleksi berharga bagi Pak Ci sapaan Ciputra.

Beliau sejak puluhan tahun lalu termasuk salah satu konglomerat yang akrab dengan para seniman Indonesia. Misalnya seniman Hendra Gunawan yang koleksi lukisannya hingga kini masih dipajang di galeri Ciputra Artpreneur Jakarta.

Sangkin kagumnya Pak Ci dengan Hendra Gunawan, disetiap proyek perumahan milik Ciputra Grup se Indonesia di pajang beragam seni patung. Patung-patung itu berasal dari lukisan karya Hendra Gunawan tersebut.

Lukisan yang terkenal karya Hendra Gunawan diantaranya adalah Pangeran Diponegoro. Judul lukisannya Diponegoro Terluka. Sang pangeran digambarkan berjuang melawan kekuatan Belanda di Jawa. Menjadi simbol harapan serta sumber inspirasi untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Harapanya itu tampak dalam karya lukisan Hendra Gunawan.

Saya sering liputan ke rumah Pak Ci di kawasan Pondok Indah Golf Jakarta. Pekarangan depan hingga belakang dihiasi patung warna-warni sebagai wujud dari lukisan Hendra Gunawan.

Pak Ci mengatakan bahwa ia menangkap ada vision dari lukisan-lukisan Hendra Gunawan. Jika lahir di Eropa mungkin karya Hendra sudah mengalahkan Vincent Willem Van Gogh. Seorang pelukis pasca impresionis Belanda yang termasuk paling terkenal dan mahal di dunia.

“Hendra dalam karirnya bersusah susah dan selama 13 tahun tepatnya 1965-1978 di penjara Kebon Waru, Bandung,”kata Pak Ci.

Hendra dipenjara pada masa orde baru karena aktif di Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lenkra).

Sebab itu karena mengagumi lukisan Hendra, disetiap kawasan propertinya, Jaya Group, Metropolitan Group, Ciputra Group sampai di kampus Universitas Ciputra Surabaya, selalu menampilkan sentuhan seni. Patung-patung itu menjadi ikon Ciputra yang dikenal sebagai tokoh pengusaha. Menggambarkan sosok seorang filantropis.

Selain itu, pada (4/8/2018) lalu Ciputra Artpreneur menggelar rangkaian kegiatan untuk memperingati 100 tahun Hendra Gunawan. Ciputra Artpreneur merayakan perjalanan hidup dan karya Hendra Gunawan dengan menyajikan pameran Prisoner of Hope dan Spektrum Hendra Gunawan.

Hendra Gunawan lahir di Bandung, 11 Juni 1918. Sejak itu namanya tercatat dalam sejarah Indonesia dan dunia kesenian. Nama Hendra Gunawan terukir dalam sejarah bangsa Indonesia.

Sebanyak 32 karya karya Hendra Gunawan. Pameran itu menampilkan koleksi pribadi Ir. Ciputra yang memang memiliki persahabatan yang erat dengan Hemdra.(*)