Metode ATM untuk Bisnis Tailor

Berita3,228 views

Entrepreneurpos_Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) adalah strategi efektif untuk pengusaha pemula dalam bidang tailor (jahit). Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dan contohnya:

Amati:
Langkah: Pelajari bisnis tailor yang sudah sukses. Perhatikan bagaimana mereka mengelola bisnis, jenis layanan yang ditawarkan, harga, bahan yang digunakan, teknik jahit, pemasaran, dan layanan pelanggan.
Contoh: Amati tailor terkenal di daerah Anda yang memiliki banyak pelanggan setia. Perhatikan cara mereka mendesain pakaian, kecepatan pelayanan, dan bagaimana mereka menarik pelanggan melalui media sosial atau promosi.

Tiru:
Langkah: Terapkan praktik terbaik yang telah diamati dalam bisnis Anda. Ini mencakup proses kerja, jenis layanan yang ditawarkan, dan strategi pemasaran yang sukses.
Contoh: Jika tailor yang diamati menawarkan layanan antar jemput pakaian untuk dijahit, Anda bisa mulai menawarkan layanan serupa untuk memudahkan pelanggan Anda.

Modifikasi:
Langkah: Setelah meniru, buat perubahan dan penyesuaian agar bisnis Anda memiliki keunikan tersendiri dan bisa lebih unggul dari kompetitor. Tambahkan inovasi atau fitur unik yang bisa menarik lebih banyak pelanggan.
Contoh: Jika tailor yang diamati hanya menawarkan desain klasik, Anda bisa memodifikasi dengan menambahkan layanan desain modern dan custom sesuai permintaan pelanggan. Anda juga bisa menawarkan pilihan bahan ramah lingkungan atau layanan jahit ekspres untuk pelanggan yang membutuhkan cepat.

Contoh Praktis Implementasi Metode ATM dalam Bisnis Tailor

1. Amati:
Target: Amati tailor paling ramai di kota besar yang memiliki reputasi baik.
Pengamatan:
Layanan: Desain eksklusif, jahit tangan berkualitas tinggi.
Bahan: Menggunakan bahan premium dari pemasok ternama atau bahan lain yang banyak dicari
Pemasaran: Menggunakan Instagram dan influencer lokal untuk promosi.
2. Tiru:
Implementasi:
Mulai menggunakan bahan populer yg banyak dicari dari pemasok yang sama.
Menawarkan layanan jahit tangan dengan detail yang mirip.
Membangun akun Instagram dan bekerja sama dengan influencer lokal untuk promosi.
3. Modifikasi:
Inovasi:
Menambahkan layanan desain custom di mana pelanggan bisa memilih desain mereka sendiri.
Menawarkan paket layanan jahit ekspres dengan biaya tambahan untuk pelanggan yang membutuhkan cepat.

Menggunakan bahan ramah murah berkualitas baik dan mempromosikannya sebagai tailor yang peduli pelanggan. Ini memberikan nilai tambah pada bisnis Anda.

Dengan mengikuti metode ATM, Anda dapat membangun bisnis tailor yang kompetitif dan unik, menarik lebih banyak pelanggan dengan layanan dan inovasi yang ditawarkan.

 

Catatan oleh Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :
-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra
-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk
-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE).