Catwalk Sepanjang 200 Meter di Istana Berkebaya

Lifestyle2,409 views
Previous Image
Next Image

info heading

info content

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi secara resmi membuka peragaan busana bertajuk Istana Berkebaya, Minggu (06/08/2023).

Acara itu digelar dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI tersebut dilaksanakan di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden mengatakan, kebaya merupakan lambang dari karakter masyarakat Indonesia yang anggun.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja,” ujarnya.

Layaknya acara Betawi umumnya, gelaran Istana Kebaya juga dimulai dengan pantun yang disampaikan oleh Iriana Jokowi.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur, bunga raflesia. Mekar sekuntum, merah merona. Citra luhur wanita Indonesia. Pribadi anggun dengan kebaya,” kata Iriana.

Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam laporannya mengatakan peragaan busana Istana Berkebaya bertujuan untuk menjaga persatuan serta mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa.

Untuk peragaan busana terdapat catwalk sepanjang 200 meter. Peragaan busana ditampilkan para menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, istri menteri Kabinet Indonesia maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), hingga istri para duta besar.

“Fashion show sore hari ini sangat istimewa karena melibatkan wanita-wanita inspiratif dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari ibu OASE dan menteri wanita Kabinet Indonesia Maju, istri para duta besar, pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, serta para ibu-ibu yang hadir sore hari ini,” kata Heru.