Festival Kurma Unaizah

Bisnis, Tempat Wisata4,187 views
Previous Image
Next Image

info heading

info content

 

Saat fajar di Unaizah, Arab Saudi, kurma tiba di pasar dengan suara teriakan mengumumkan pembukaan perdagangan.

Para petani, pedagang, dan konsumen mengunjungi tumpukan tempat yang menjadi pasar musiman tahunan. Yang menjual sebanyak 280.000 kg kurma dijual setiap hari.

Dilansir dari Reuters, festival kurma itu adalah salah satu yang terbesar di dunia. Diadakan di kota di wilayah Qassim tengah (10/8), salah satu bagian paling konservatif di negara itu.

Selain sebagai pengekspor minyak utama dunia, Arab Saudi juga merupakan produsen utama kurma. Wilayah Qassim terkenal dengan kurma Sukkarinya.

Menurut juru lelang Abdulaziz al-Falwa dapat bervariasi harganya dari 5 riyal ($ 1,33) untuk 3 kg hingga 700 riyal ($ 186,66), tergantung pada kualitasnya. Falwa adalah salah satu dari lusinan juru lelang yang menjual kurma berharga yang kemudian diekspor ke seluruh dunia.

Karena COVID-19, festival tahun lalu tidak memiliki pengunjung internasional tetapi masih diekspor ke sekitar 50 negara.

“Tahun ini, kami berharap mencapai 60,” kata The Festival’s Head Export Abdelrahman Mohammed al-Qudeiri.
Dia memperkirakan mereka akan mengirim 20.000 ton ke luar negeri tahun ini.”Kurma Unaiza adalah yang terbaik di dunia,” katanya.

Kurma kurma itu dibelah menjadi dua untuk memamerkan kualitasnya yang tinggi. Lebih mengkilat, kuningĀ  penuh kelembapan dan manisnya pas.

Menurut National Center for Palms and Date, Arab Saudi memiliki lebih dari 30 juta pohon palem yang menghasilkan 1,4 juta ton kurma setiap tahun. Kurma dieskpor ke berbagai negara di penjuru dunia. (yer)