by

Rendang Goes to Europe, Dirikan Pabrik di Bulgaria

-Bisnis-1,827 views

 

Kelezatan makana daging Rendang khas  Sumatra Barat merambah benua Eropa. Rendang Goes to Europe merupakan bagian dari misi untuk mempromosikan Indonesia di Eropa.

Hal itu diungkapkan Duta Besar RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta.Rendang Goes to Europe membawa misi promosi Indonesia.

Iwan menyampaikan hal itu saat menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia 2023 (TEI) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Acara itu dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Rabu (18/10).

Pameran dagang itu dihadiri juga oleh perwakilan dari Bella Group Bulgaria dan PT Garuda Mitra Unggul (GMU), yang pada 17 Oktober 2023 telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengadaan bahan baku rendang senilai 34 juta dolar AS (sekitar Rp536,5 miliar) dan kesepakatan joint venture senilai 38 juta dolar AS (sekitar Rp599,7 miliar).

Dalam pameran tersebut, Bella Group bekerja sama dengan PT. GMU turut membuka stan. Menampilkan produk rendang buatan Bella Group Bulgaria yang dikemas dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia.

“KBRI Sofia berhasil mencatatkan komitmen transaksi perdagangan dan investasi dari Bulgaria senilai USD 72 juta,” kata Iwan dalam siaran pers.

Penandatanganan MoU kerja sama perdagangan dan investasi antara PT. Garuda Mitra Unggul (GMU) bersama Bella Group Bulgaria ini juga disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Pahala Mansury dan Dirjen Amerika dan Eropa Umar Hadi.

Penandatanganan MoU tersebut meliputi kerja sama pengadaan bahan baku rendang senilai USD 34 juta untuk kerja sama selama 4 tahun dan kerja sama joint venture pendirian pabrik pengolahan daging senilai USD 38 juta.

Komitmen kerja sama pengadaan bahan baku rendang antara Bella Group dan PT. UGM merupakan kelanjutan dari pendirian pabrik rendang di Bulgaria.

MoU ini merupakan bagian dari program Rendang Goes to Europe dalam rangka mensukseskan inisiatif Presiden RI, yaitu Indonesia Spice Up The World.

Selain itu, Bella Group juga menandatangani kerjasama investasi bersama dengan PT. UGM akan mendirikan pabrik pengolahan daging di Indonesia untuk memenuhi pasar domestik dan global.

Diharapkan melalui kerja sama ini, dapat meningkatkan hubungan perdagangan dan bisnis antara Indonesia dan Bulgaria.