Karya Kreatif Indonesia 2023, Hadirkan Seribu UMKM Naik Kelas

Lifestyle2,172 views
Previous Image
Next Image

info heading

info content

 

Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 pada 27 -30 Juli 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). KKI tahun ini mengangkat tema Badarau Nusantara Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara. KKI 2023 berlangsung secara offline di Hall B JCC.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan kebangkitan UMKM dapat kita wujudkan melalui tiga kata kunci, yaitu konsisten, inovasi dan sinergi (KIS).

“Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif. Sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,”kata Perry Warjiyo dalam sambutannya.

Penyelenggaraan KKI 2023 juga merupakan puncak selebrasi UMKM binaan Bank Indonesia berkolaborasi dengan stakeholders.

Acara ini menghadirkan seribu UMKM yang telah berhasil naik kelas dengan terhubung dalam tiga kategori. Yaitu telah masuk ke dalam ekosistem digital, terhubung dengan Lembaga Keuangan, dan masuk ke dalam kategori UMKM berorientasi ekspor.

KKI 2023 menampilkan beragam produk wastra, kriya, kopi, serta makanan dan minuman olahan. Disajikan dalam pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi secara ketat baik dari UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia.

Ada juga UMKM dari 6 Kementerian dan Lembaga (K/L) yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dewan Kerajian Nasional.

Pameran KKI 2023 secara fisik diikuti oleh 300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKI dengan melibatkan lebih dari 800 UMKM dari seluruh Indonesia.

Dalam KKI tahun ini terdapat kegiatan Pesona Kopi Nusantara yang akan menampilkan 45 UMKM Kopi terbaik Binaan Bank Indonesia.

 

Ekspor Ekonomi Kreatif Capai USD 26.5 Miliar

 

Menparekraf Sandiaga Uno memenjelaskan, pihaknya melihat ini ada bagian dari kolaborasi antara Kementerian/Lembaga untuk memastikan para pelaku UMKM bisa menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi. Berpihak kepada UMKM dan mengangkat agar mampu naik kelas.

“Kalau dilihat dari KKI tahun-tahun sebelumnya saya mengapresiasi BI yang terus meningkatkan dari segi UMKM yang naik kelas ini betul-betul berkualitas. Saya melihat ada potensi peningkatan ekspor produk ekonomi kreatif yang ditopang oleh fesyen dan kriya mencapa USDi 26,5 miliar. Ini adalah bagian dari kita untuk menggerakkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

KKI memiliki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara stakeholder dan UMKM Indonesia. Serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas.

Penyelenggaraan KKI juga mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl) serta mendukung ASEAN 2023.