Festival Rupiah

Nasional2,694 views

 

Bank Indonesia menghadirkan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023, persembahan HUT RI ke-78, di Istora Senayan, Jakarta, 18-20 Agustus 2023.

FERBI merupakan ajang edukasi uang Rupiah, yang dipersembahkan bagi seluruh khalayak untuk mencintai, bangga memahami NKRI melalui apresiasi terhadap uang Rupiah.
FERBI kali kedua ini mengangkat tema Persatuan dalam Keberagaman #CintaRupiahCintaNKRI.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan tiga cara memperingati kebanggaan dan kecintaan pada Rupiah. Pertama, timbulkan rasa di hati untuk mencintai bangsa dengan mengingat para pahlawan.

Kedua, bangga bahwa Rupiah mendapatkan penghargaan sebagai uang terbaik di dunia dengan berbagai fiturnya yang aman. Ketiga adalah pahami Rupiah, dengan memiliki cita-cita, menabung, dan belanja dengan cermat.

“Kita menghadiahkan bangsa ini dengan uang Rupiah, sebagai uang terbaik di dunia pada tahun 2023. Hari ini adalah hari apresiasi bahwa Rupiah berdaulat di NKRI. Mari apresiasi para pejuang, para senior kita,” kata Gubernur Perry.

FERBI menyajikan berbagai kegiatan bertema uang Rupiah di antaranya pameran uang Rupiah. Layanan penukaran uang Rupiah, Penjualan/penukaran Uang Rupiah Khusus, penjualan uang kuno (numismatik). Diramaikan dengan acara hiburan baik lomba bertema kedaerahan hingga pentas musik.

FERBI berkolaborasi hadir untuk memberikan edukasi. Dalam FERBI antara lain Perum PERURI, TNI Angkatan Laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia (APJATIN) yang seluruhnya berperan penting bagi ketersediaan Rupiah berkualitas di masyarakat.

Lebih lanjut, terdapat edukasi non-tunai yang dikemas dalam Pekan QRIS Nasional (PQN) dengan sosialisasi QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai), yang erat kaitannya dengan uang tunai.
Pada FERBI 2023, masyarakat dapat mengenal alat pembayaran secara retrospektif melalui lebih dari 100 koleksi uang kuno yang dihadirkan Museum BI (MuBI). Masyarakat juga dapat memaknai uang Rupiah melalui dialog kebangsaan oleh keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, serta bincang milenial oleh seniman dan budayawan.

Sepanjang FERBI terdapat ragam pameran di antaranya Rupiah Jendela Indonesia (segala sesuatu tentang Rupiah), Augmented Reality Rupiah (teknologi edukasi secara virtual) dan Hall of Fame Rupiah yang menceritakan perjalanan Rupiah secara sentimental.

Pengunjung dapat menukarkan pecahan uang Rupiah baik melalui BI maupun perbankan.