Misi Dagang, Dubai Chamber Resmikan Kantor di Jakarta

Nasional2,748 views

 

Dubai Chambers meresmikan kantor perwakilan internasional baru di Jakarta, Indonesia. Hal itu turut difasilitasi KBRI Abu Dhabi.

Memfasilitasi misi perdagangan, investasi dan ketenagakerjaan. Kegiatan yang dikemas dalam Indonesia-UAE Dynamic Week 2023. Salah satu rangkaian utama kegiatan adalah memfasilitasi pertemuan Kamar Dagang dan Industri Dubai dengan perusahaan di Indonesia 5-15 Juni 2023.

Dubes RI untuk Uni Emirat Arab/UEA Husin Bagis menyampaikan bahwa dalam dua pekan ini KBRI Abu Dhabi akan memfasilitasi berbagai minat baik perdagangan, investasi, ketenagakerjaan dan ekonomi.

“Kantor Perwakilan Kadin Dubai diharapkan dapat berkontribusi positif pada peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara, terutama perdagangan dan investasi,” ujarnya disela peresmian Kantor Perwakilan Kadin Dubai di Jakarta, Selasa (6/6).

Husin mengemukakan, pembukaan kantor perwakilan Kadin Dubai merupakan visi dari Sheikh Hamdan bin Mohammad bin Rashid untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Indonesia.

“Pertemuan dilakukan oleh Kadin Dubai dengan perusahaan swasta nasional dan BUMN yang berpotensi untuk membuka kantor di Dubai serta menjadi mitra perusahaan Dubai di Indonesia,” ungkapnya.​

Mantan Atase Perdagangan KBRI Tokyo tersebut menilai bahwa rencana pembukaan kantor perwakilan di Jakarta sangat strategis.

“KBRI Abu Dhabi melalui kantor perwakilan Kementerian Investasi di Abu Dhabi (IIPC) membantu memfasilitas administrasi yang diperlukan,” kata Husin.

Delegasi Kadin Dubai yang dipimpin oleh Vice President International Relations Hassan Al Hashemi menilai Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Dapat bermitra dengan perusahaan Dubai dalam menggarap pasar di Timur Tengah dan Afrika.

“Kami berharap bahwa kantor perwakilan yang nanti dibuka bisa dimanfaatkan oleh perusahaan di kedua negara,” katanya.

Selain itu pembukaan kantor internasional ke-18 milik kamar dagang ini adalah bagian dari inisiatif Dubai Global. Dubai Global diluncurkan untuk mendirikan 50 kantor di seluruh dunia selambatnya tahun 2030. Menarik bisnis dan investasi baru ke Dubai, dan memperkuat posisi Uni Emirat Arab sebagai salah satu pusat komersial yang terkemuka di dunia.

Tahun 2022 Indonesia dan UEA menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA). Untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral menjadi AED36,7 miliar per tahun dalam lima tahun.

Jumlah perusahaan Indonesia yang terdaftar di Dubai Chamber of Commerce mencapai 192 awal tahun ini, peningkatan yang mengesankan hingga 204,8% sejak tahun 2016

Pembukaan kantor perwakilan Dubai Chamber tersebut dihadiri oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Negara Urusan Luar Negeri UEA Ahmed Al Sayegh, Wakil Ketua Kadin Indonesia Bernardino Vega, Bupati Tangerang Ahmed Zaky Iskandar, Dubes RI untuk UEA Husin Bagis, dan Dubes UEA untuk Indonesia Abdulla Salem Obeid Al Dhaheri.

Selain pembukaan kantor perwakilan Dubai, kegiatan lain yang juga akan dilakukan adalah fasilitasi misi industri pertahanan dan strategis UEA. Fasilitasi delegasi Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan, fasilitasi kerjasama di bidang ketenagakerjaan serta berbagai pengawalan minat perdagangan dan investasi.